Cara ke kawasan industri Indolakto Cicurug Ds Pesawahan, Sukabumi, Jawa Barat.

Saya akan berbagi sebuah pengalaman ketika mendapatkan panggilan interview di sebuah perusahaan minuman di kawasan industri Cicurung, Sukabumi.
Karena saya baru pertama kali akan ketempat tersebut, saya menanyakan teman saya yang sebelumnya sudah pernah ke kawasan industri Cicurug. Transportasi apa saja yang bisa ke tempat tersebut, karena teman saya itu lupa-lupa ingat, jadi saya disuruh tanya langsung ke teman saya yang satunya lagi yang memang berasal dari Sukabumi. Teman saya menyarankan untuk menggunakan transportasi Bis atau angkutan umum dari stasiun atau terminal yang saya lupa namanya di sekitar Bogor (karena pada saat itu posisi saya dari Jatinegara), akan tetapi setelah saya tulis detail estimasi waktu perjalanannya, hal itu memakan waktu yang sangat lama, belum lagi kemacetan di sekitaran stasiun kota Bogor.
Setelah cari info di google (KasKus, pengalaman di blog, sampai ke Wikipedia), akhinya saya menemukan satu alternatif mudah untuk menuju ke daerah Cicurug tanpa memakan waktu lama (Alhamdulilah, dari pihak yang mengundang saya, janjiannya jam 09.00, jadi ada estimasi waktu yang lumayan lama, kalau-kalau kesasar).
Berikut detail bagaimana saya dapat menuju ke daerah Cicurug.

1. Saya sampai di St. Jatinegara pada pkl. 04:45. hal ini dikarenakan saya mengejar kereta pertama jurusan Jatinegara-Bogor. Dengan harga tiket sebesar Rp.3.000, kita bisa langsung menuju stasiun Bogor tanpa perlu transit. Oiy, kalau belum punya kartu multitrip atau kartu harian berjamin bayarnya Rp.13.000 (Rp.10.000 untuk jaminan kartu dan Rp.3.000 untuk hrga tiketnya). KRL start dari St. Jatinegara Pk. 05:08 dan kalau di jadwal nanti sampai di stasiun Bogor pada pkl. 07:08 (Alhamdulilah sampai dengan tepat waktu), karena saya mengejar  kereta untuk jurusan St. Bogor-St Cicucurug pemberangkatan pertama yaitu pada pkl.07:55 Saran saya sebelum menggunkaan moda transportasi KRL, unduh jadwal dulu di website resmi KCJ disini (disitu memuat semua jadwal kedatangan dan keberangkatan KRL di wilayah Jabodetabek.
    Peta Rute KRL Jabodetabek
    Kartu harian berjamin
  2. Setelah sampai di st. Bogor, saya langsung menuju pintu keluar. Menuju stasiun sebelah (St. Bogor Paledang), dimana st.Bogor hanya melakukan lansiran lokomotif. Sebenarnya ada jalur alternative langsung tanpa melewati jembatan penyebrangan yaitu pintu keluar, belok sebelah kiri, mengikuti pedestrian sampai pada palang pintu KA, dari situ menyebrang ke jalan sebelahnya. Lebih tepatnya, dibelakang KFC (karena saya tanya, petugas bilang kalau letak satsiunnya berada di belakang KFC). Setelah sampai di st. Bogor Paledang saya langsung memesan tiket kereta Pangrango, Bogor-Cicucrug. Untuk harga tiketnya ada 2 macam, yaitu Eksekutif (Rp.40.000) dan Ekonomi (Rp. 15.000). saya memilih tiket KA Eko. Jangan lupa untuk mempersipakan kartu identitas diri atau untuk mengetahui ketersedian tiket, bisa dicek  disini.
  3. Kereta berangkat tepat waktu, yaitu Pkl. 07:55, menurut jadwal kedatangan yang tertera di tiket, saya akan sampai di st.Cicurug pada Pkl. 08:53. perjalanan nya menyenagkan sekali, kita akan disuguhi pemandangan kota Bogor, dan laju kereta tidak terlalu cepat, hal ini mungkin di karenakan perbukitan daerah disekitar kota bogor dan sekitarnya.
  4. Saya sampai di St. Cicurug sesuai dengan jadwal kedatangan. Sesampainya di stasiun, saya menuju pintu keluar. Untungnya, stasiun Cicurug berada persis disebelah jalan raya dan banyak sekali angkutan umum (wana Ungu dan Biru). Saya tanya kepada salah satu supir, angkutan yang menuju ke kawasan Industri Indolakto Cicucrug, dan bapaknya menunjukkan kalo bisa naik angkutan yang berwaran ungu atau biru. Saya pun naik angkutan berwarna Ungu (oiy, kalian mesti menyeberang terlebih dahulu ya). Membutuhkan waktu yang cukup lama, karena cukup jauh juga. Setelah kurang lebih 10 menit, saya sampai dikawasan tersebut (jangan lupa bilang ke supir angkutan kita nanti akan turun dimana), dan saya hanya membayar 3000, padahal saya membayar dengan uang 10.000, tepi ada kembalian (coba kalau di kawasan lain sigh). Setelah itu sampai di kawasan Indolakto, dan saya naik Ojek. Hanya sebesar Rp.5000.

Setelah saya hitung-hitung baik biaya maupun waktu, saya memlih menggunakan kereta. Disamping murah dan tentunya tepat waktu (karena waktu itu sangat berharga), naik kendaran umum (bis atau angkutan umum) akan memakan waktu lebih lama, belum lagi macet dan ngetemnya.
Kereta Pangrango hanya ada pada waktu tertentu saja, satu hari melayano tiga kali pemberangkatan (per 7 November 2015) dengan waktunya yaitu (dari st.Bogor) dan pergi dari st. cicurug
Dari stasiun Bogor-Cicurug : 07:55-08:53, 13:25-14:22, 18:30-19:29
Dari satsiun Cicurug-Bogor : 06:07-07:03, 11:12-12:08, 16:52-17:48 (sumber)
jadi, yang perlu dipersiapkan  yaitu
1. Fisik
persiapkan fisik dan mental teman-teman, terutama kalau ini yang pertama kalinya kalian pergi kesuatu tempat, jagan lupa sarapan pagi dan itu penting banget. kalau engga sempat sarapan nasi, bisa makan roti, yang penting perut disisi.
2. waktu
lebih baik kalian menunggu dari pada ditunggu. waktu adalah uang, dan kita engga bisa meperediksi apakah sesuatu akan berjalan sesuai dengan rencana kita, apalagi kalau perjalananya jauh. jadi, mendinagn kalian nunggu ditempat tes, dari pada kalian telat. karena, kalau telat bisa mempengaruhi kondisi psikis lho :)
3. HP [baik smartphone ataupaun hp jadul]
ini yang penting banget, selain untuk berkomunikasi, hp juga penting buat mencari  atau menyimpan informasi. Engga perlu smartphone, hp jadul [jaman dulu] pun sangat bermanfaat, yang penting HP kaliann terkoneksi dengan internet, jadi kalian bisa mempersiapkan rute/anguktan. kalau-kalau kalian malu buat nanya hhe
4. malu bertanya sesat di jalan
dimanapun, kalau kalian bingung, termasuk saya, jangan sungkan untuk bertanya. yang penting, kaliann bertanya dengan sopan, Insayaallah kalaupaun yang ditanya kita orangnya juga tidak tau, pasti orang tersebut akan menyarankan kita untuk bertanya kepada orang lain.

semoga postingan kali ini bermanfaat.
kalau ada pertanyaan, silakan berkomentar dan terima kasih.