Pengalaman Interview di PT Fresh On Time Seafood

Hallo hallo...
Saya mau berbagi pengalaman interview di salah satu perusahaan yang berada di daerah Cileungsi, Bogor (Jauhhh kalo dari rumah saya hhaa) tapi, demi sebuah pekerjaan, dimanapun tempatnya, kalo dapet undangan interview, Insyaallah saya penuhi.
Saya mendaftar melalui situs online pencari kerja di jobstreet.com pada tanggal 21 Mei 2017. Satu hari berselang, pada tanggal 22 Mei pkl 17.00 saya mendapatkan email pemberitahuan tentang undangan interview. Iya, cukup pkl 17.00 dan itu via email, bukan via telp. undangannya tgl 23 lagi, yah...untungnnya saya masih disekitaran Jakarta.
Undangan interview
Setelah tengok kanan tengok kiri via google, bagaimana cara kesana dan naik apa (untungnya dari pihak interview, dikasih cara kesananya).

Patokan I dari arah Jakarta


            1.  Dengan Kendaraan Pribadi
                 Dari Arah Jakarta keluar tol
Cibubur/Cisalak/Cileungsi melalui Jalan alternative cibubur menuju
arah cileungsi, sebelum melewati flyover ambil arah kiri menuju
underpass ke arah pasar cileungsi, lalu ikuti arah Jalan Raya
Narogong, lalu bertemu PT ASPEK KUMBONG km 23, Tiba di Km 26,5 cari
papan PT FRESH ON TIME SEAFOOD,  kurang lebih 1 km dari ujung jalan
masuk dan tanya ke warga setempat untuk arah kawasan industri Korin
atau arah ke Pabrik Sarden.


            2. Dengan Angkutan Umum
                Naik M-56 dari UKI kearah Terminal Cileungsi, Turun di
Flyover Cileungsi menuju Pasar Cileungsi, lalu naik angkutan dari
Pasar Cileungsi ke arah Citereup, lalu bertemu PT ASPEK KUMBONG km 23,
tiba di Km 26,5  cari papan PT FRESH ON TIME SEAFOOD,  kurang lebih 1
km dari ujung jalan masuk dan tanya ke warga setempat/ supir angkot
untuk arah kawasan industri Korin atau arah ke Pabrik Sarden.

     ·        Patokan II dari Arah Bekasi

           1. Dengan Kendaraan Pribadi
               Melalui Bekasi ke Rawa Panjang jalan Narogong ke arah
Cileungsi,lalu ikuti arah Jalan Raya Narogong, lalu bertemu PT ASPEK
KUMBONG km 23, lalu ikuti arah jalan dan depan Indomart kedua ( 2 )
sebelah kanan jalan ada papan nama kawasan Industri PT. KORIN,
selanjutnya PT. Fresh on Time Seafood km 26.5 langsung belok kanan
sesuai (denah terlampir)

            2. Dengan Angkutan Umum
                Dari Bekasi naik Koasi 11 jurusan pasar bantar gebang
, lalu berganti angkutan umum no.92 bantar gebang- cileungsi. Dari
pasar cileungsi lalu ikuti arah Jalan Raya Narogong, lalu bertemu PT
ASPEK KUMBONG km 23, lalu ikuti arah jalan dan depan Indomart kedua (
2 ) sebelah kanan jalan ada papan nama kawasan Industri PT. KORIN,
selanjutnya PT. Fresh on Time Seafood km 26.5 langsung belok kanan
sesuai (denah terlampir)

    .        Patokan III dari Arah Bogor/ Citereup


            1. Dengan Kendaraan Pribadi
            Dari arah Bogor dan Citeurep lokasi kami melewati Pabrik
HOLCIM dan PT. Telekomunikasi,  Tiba di Km 26,5  cari papan PT FRESH
ON TIME SEAFOOD,kurang lebih 1 km dari ujung jalan masuk dan tanya ke
warga setempat untuk arah kawasan industri Korin atau arah ke Pabrik
Sarden.


            2. Naik Angkutan Umum 08 kearah Citereup lalu berganti
angkutan no.64 kearah Cileungsi melewati Pabrik HOLCIM dan PT.
Telekomunikasi, kemudian disebelah kiri ada nama Tiba di Km 26,5 cari
papan PT FRESH ON TIME SEAFOOD,  kurang lebih 1 km dari ujung jalan
masuk dan tanya ke warga setempat/ supir angkot untuk arah kawasan
industri Korin atau arah ke Pabrik Sarden.



Saya memilih patokan nomor  1 point ke2 (menggunakan angkutan umum)
Berikut kronologi cara ketempat tujuan:

  1. Halte UKI-Cileungsi
Saya dari "rumah" menggunakan jasa gojek OnLine 'GrabBike (karena lebih mudah dan murah hha) menuju Halte UKI. Sampai UKI saya menunggu angkutan umum M-56. Saran saya, mendingan kalo pas turun ada angkutan M56 kalian langsung naik aja, soalnya angkutan ini cukup langka, seklinya ada udah penuh T-T. Setelah naik, kita siapkan uang sebesar Rp. 8.000. Pertama saya bingung, ini berapa ya bayarnya, soalnya perjalannya lumayan jauh, untungnya, di sebelah supir tertera harganya.
Label harga angkutannya
Pas naik nanti bilang sama supirnya, turun di Flyover menuju pasar cileungsi. Setelah sampai, nanti tanya orang sekitar angkutan menuju Citeureup. Alhamdulilah, di daerah pasar Cileungsi udah ada Grab Bike. Yang sungkan dan bingung mesti bayar berapa, mesti bersyukur dengan adanya kendaraan online ini. Dari Pasar Cileungsi menuju Industri Korin dibutuhkan biaya sebesar 9 rb (saya genepin 10rb). Perjalannya cukup lama, dan untunggya, sebelum masuk gang ada papan petunjuk PT ini.
Setelah sampai, saya menuju ke kantor satpam, janjiannya Pkl 08.00, dan saya sampai di lokasi Pkl 09.30. Hal ini dikarenakan macet dan nunggu angkutan M56 yang cukup lamaaa.
Setelah laporan, saya menukar SIM dengan id card, biar bisa masuk. Setelah masuk, saya bertemu dengan pihak HRD dan langsung menjalankan psikotes.
Psikotest yang dilaksanakan yaitu persamaan kata dan koran.
Setelah itu, menunggu sebentar, kemudian dilakukan proses interview.
Interviewnya berjalan lancar, dimulai perkenalan, tanya jawab biasa dan ketersediannya di temptakan dimana saja. 
Saya mendaftar untuk posisi Staff PBB (Pembelian Bahan Baku), dan sedikit info, staff ini nantinya yang menjebatani perusahaan dengan nelayan guna memperoleh bahan baku.
Hal yang mungkin memberatkan adalah penahanan ijazah. Dan masing-masing perusahann memang mempunyai kebijaksanaan masing-masing. Kontrak yang dilakukan adalah 2 tahun. Masa percobaan selama 3 bulan, setelah itu penempatan. Penempatan yang ditawarkan untuk saya ada di Medan dan dekat dengan para nelayan. Hal ini mungkin dilakukan agar lebih mudah dalam hal transportasi.
Mengenai penahanan ijazah, nantinya ijazah yang kita serahkan keperusahaan, dan sebagai gantinya nanti kita diberi secarik kertas sebagai bukti serah terima. Nantinya, kalau kita mau resign, surat itu digunakan sebagi prosedur pengembalian ijazah dan sesuai kesepakatan pengunduran boleh dilakukan dalam waktu 1 bulan sebelum keluar. Hal ini digunakan untuk perusahaan mencari penganti kita.
Dari pihak perusahaan memberikan kita kebebasan untuk memberikan keputusan, apakah akan diambil atau tidak.
untuk gajinya, saya belum dengar hhaa
IdCard Tamu
PT Fresh On Time (Itu ada papan namanya)
Bagian samping
Setelah selesai interview, saya memesan GrabBike (iya, GoJek disini sepertinya belum ada), menuju stasiun Nambo.
Sebelum sampai di tempat tujuan, driver Grabbike menyarankan saya nantinya untuk pulang menggunakan Commuter line dari Stasiun Nambo.
Biaya yang dibutuhkan dari PT Fresh On Time menuju St. Nambo sebesar 14rb (digenepin jadi 15 rb)

GrabBike :)
Perjalanan menuju Stasiun

Perjalanan masih jauh
Stasiun Nambo

Parkiran Stasiun Nambo
Setelah sampai, saya langsung memesan tiket. Dikarenakan jam perjalanan yang sedikit, jadi mesti bersabar.
Jadwal keberangkatan
Fiuh...teryata lebih simple menggunakan Commuter line. Tapi semua ini pasti ada hikmahnya, saya jadi lebih tau jalan.
Total biaya yang saya keluarkan:
Grabike : 15000
Angkutan M56: 8000
Grabike: 9000 (10000)
Grabike 15000
Commuter Line : 15000 (kartu 10000, tiket 5000)
Total : 53000

Saya menulis ini, dikarenakan belum ada yang membahas mengenai perusahann ini. Mungkin ada disalah satu forum diskusi (kaskus), saya membaca dan cukup penasaran, dan Alhamdulilah dibeikan kesempatan untuk mersakan sendiri.
Jadi, kalu ada kesempatan, ambilah. Mengenai hal-hal yang negatif, nanti nanti sajalah, yang penting datang dulu. Kalau mau ya diambil, kalu kurang berkenan ya ditolak.
Saya selalu berpikir, apa yang kita tanam, pasti itu yang akan kita tuai.
Dan, untungnya pihak perusahann memberikan kita kebebasan untuk memilih.
Sekedar saran, kalu bisa, pemberitahuan interview jangan terlalu mendadak. Dan selain by email, juga mesti by phone atau melalui pesan singkat.

Semoga cerita kecil ini dapat memberikan hikmah dan pengalaman.
Apabila ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya (maklum, masih penulis amatir)

Komentar

  1. Wah mantep bang.. Saya juga barusan dapet email dari perusahaan ini. Dan belum tau bagaimana2nya.
    Saya baru lulus dan belum ada ijazah, apa bisa bergabung di pt tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Bang kalo kerja di pt sarden ada mess gak. Buat kerja bagian produksinya.. Saya lulusan smp.. Tingal d tasikmalaya...

      Hapus
    3. Hai mbak ayu, apakah kita bisa komunika by email atau nomer WA? Saya sdng cari teman kos hihihi

      Hapus
    4. Hallo...jika ada kesempatan, maka pergunakanlah sebaik mungkin kesempatan tersebut. Perkara nanti diterima atau tidaknya, ijazah di tahan atau tidak bisa dibahas lebih lanjut jika nanti diterima. untuk mess, sepertinya tidak ada. semangat ya :)

      Hapus
  2. wuah thank you buat reviewnya. kalo saya dibaca dikaskus itu almost semua commentnya negatif. Tapi masnya sepertinya masih berusaha netral yaa.. hehe. Oya mas, jadi overall kalau masnya sndri itu gmna? kalo disitu ok atau ga? mnrt pndpt masnya ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, terima kasih sudah berkunjung. iya, saya berusaha netral karena saya mengalaminya sendiri, sebeumnya saya jg berkunjung ke kaskus, tapi karena penasaran dan ada kesempatan, mengapa tidak hhe...Posisi saya pada saat itu jg sedang menunggu hasil interview final, alhamdulilah dengan pertimbangan yg matang, saya menerima tawaran dari perusahaan tersebut. FYI FOT pada saat saya interview, ditawari untuk posisi luar pulau. semoga memberi gambaran. terima kasih

      Hapus
  3. Makasih kak informasinya saya dr jateng, sedangkan tu PT di jabar. Dapat undangan interview ditahun 2019 sedang review dr temen" negatif semua ditahun" sebelumnya.
    Baiknya bagaimana yah mas ? Minta sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, mohon maaf baru membalas. Baik atau tidak tergantung masing-masing orang, mungkin nanti pada saat negosiasi bisa dipertimbangkan kembali keuntungan yg akan diperoleh nantinya.

      Hapus
  4. Masi bingung saya juga masuk diterima masi mikir ijazah ditahan kalo mau resign susah ga ya

    BalasHapus
  5. Saya di terima lusa lusa ufah mulai kerja tapi masi mikir ijazah asli ditahan fan gaji di menurut saya di bagian saya sangat kurang . dan ticak ada tunjangan buat bpjs tk ataupun kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, selamat ya. Silakan pertimbangkan kembali, apakah nantinya akan ada penalti apabila ingin resign sebelumnya atau bagaimana.
      Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing, mengenai tunjangan, silakan dipertimbangkan kembali, karena asuransi bagi saya sangat penting, baik bpjs kesehatan mauapun ketenagakerjaan.
      Apabila maasih bimbang, bisa didiskusikan dengan orang terdekat.
      Semoga membantu ya.

      Hapus
  6. Saya dapet info dari orang di perusahaan itu lg ada loker tp cuman bawa fotocopy KTP sama foto doang. gak harus bawa ijazah. Tp klo saya baca dari ulasan ijazah kita di tahan?

    BalasHapus
  7. Ktanya ga pake ijazah gpp,cmn ntar gajiannya g besar

    BalasHapus
  8. Ktanya ga pake ijazah gpp,cmn ntar gajiannya g besar

    BalasHapus
  9. Ane barusan dapet telepon dar pt itu. Kira2 ijazah masih di tahan gk ya ? Liat2 di foto google banyak yg demo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya juga baru saja di telpon dan disuruh menyerahkan ijazah asli pada tgl 28 nov 2020,
      Kemudian saya akan ditugaskan ke bogor. Tapi saya jadi ragu karena kontrak 2 tahun

      Hapus
    2. Saya tanggal 1 /12 / 20 sudah mulai kerja di FOTS.

      Hapus
    3. hallo mbak, apakah banyak tekanan disana?

      Hapus
  10. Wah makasih kak informasinya,saya baru aja dipanggil buat interview besok nih di Martapura Kalsel,kira"saya datengin aja kh atau tidak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya juga dapet panggilan di martapura mba. Mba nya sdh kerja disana kh?

      Hapus
  11. halo, terkait penahanan ijazah itu apakah klau kita mengajukan resign sebelum menyelesaikan kontrak kerja bisa kena denda?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video dari Youtube dan Dailymotion

Pengalaman ke Balaraja dan Interview di PT Charoen Phokphand Feedmill Balaraja